Tuesday, November 16, 2021

Aksi Nyata Pendidikan Guru Penggerak Modul 1.1 Penerapan Pemikiran Ki Hajar Dewantara melalui Pembelajaran Kontekstual.




“Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Sekolah pada Pokok Bahasan Statistika Data Kelompok yang Diadaptasi dari Pemikiran KHD”

Oleh:

Tri Susilo, S.Pd.

Calon Guru Penggerak Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah

Aksi Nyata Modul 1.1

1.  Latar  Belakang

Pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran di Indonesia sangat berharga sekali. Buah pemikiran Ki Hajar Dewantara adalah warisan budaya bangsa dan menjadi salah satu kekayaan keilmuan milik bangsa Indonesia. Konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara pada dasarnya yang paling sesuai untuk meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia seutuhnya maupun pembangunan nasional yang bercirikan kepribadian bangsa Indonesia.  

Untuk merealisasikan buah pemikirannya, maka Ki Hajar Dewantara mendirikan taman siswa yang berlokasi di Yogyakarta.  Prinsip dasar yang ada dalam sekolah Taman Siswa dikenal sebagai Patrap Triloka. Prinsip ini kemudian digunakan sebagai pedoman bagi para guru sampai saat ini. Salah satu konsep dikenalkan oleh Ki Hajar Dewantara adalah momong, among, dan ngemong yang kemudian dikembangkan menjadi tiga prinsip kepemimpinan di Taman Siswa: Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tut Wuri Handayani.

Pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi dengan pemikiran KHD sudah diadaptasi sedikit demi sedikit di sekolah kami, secara khusus sekolah kami mulai menanamkan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dan sedikit demi sedikit kami para guru berusaha mengarahkan siswa dalam konteks merdeka belajar. Harapan saya setelah mendalami dan mengaktualisasikan pemikiran KHD ini adalah ingin menjadikan kegiatan belajar yang saya lakukan lebih menyenangkan untuk siswa saya. Karena saat mereka datang ke sekolah, saya tidak tau problem apa saja yang mereka bawa dari rumah. Jadi sebisa mungkin saya ingin mereka bergembira saat belajar disekolah. Selanjutnya, saya ingin melihat peserta didik saya nyaman di sekolahan, nyaman dalam belajar, nyaman dalam bersosial dengan teman sekolah dan menganggap bahwa sekolah adalah Taman bermain untuk mereka. 

2.         2. Deskripsi Aksi Nyata

Ø Perencanaan

Kegiatan diawali dengan perencanaan terutama berupa menyiapkan perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan aksi nyata. Perangkat pembelajaran berupa RPP dan soal terkait problem yang akan mengangkat kejadian atau kegiatan kontekstual yang ada disekitar siswa. Siswa diminta melakukan kesepakatan bersama untuk memilih kegiatan kontekstual yang ditawarkan oleh guru. Kegiatan meliputi mendata nomor kendaraan bermotor di parkiran sekolah, mendata berat badan siswa dalam kelas, mendata tinggi badan siswa di kelas. Adapaun rencana kegiatan pembelajaran adalah sebagai berikut :

Santuan Pendidikan    : SMA Negeri 3 Wonogiri

Siswa                           : Siswa Kelas XII Bahasa

Tempat                         : Lingkungan Sekolah

Waktu                           : Jumat, 5 november 2021

Mata Pelajaran             : Matematika Wajib

Materi                           : Statistika

Sub Materi                    : Ukuran Pemusatan Data dan Ukuran Penyebaran Data.

 

Dokumentasi : Kesepakatan Bersama sebelum melakukan kegiatan

 

 

 

Ø  Tujuan

 

·           Melalui kebebasan dalam menentukan sendiri kegiatan yang akan lakukan, peserta didik dapat lebih kreatif dan berpikir kritis dalam bertindak.

·           Melalui kebebasan dalam menentukan sendiri kegiatan belajar, guru dituntut selalu siap dalam mempelajari hal-hal baru.

·           Melalui kolaborasi dan kerjasama dalam kelompok, siswa mampu menyelesaikan kegiatan dengan tepat waktu

·           Melalui kegiatan pengumpulan data, siswa diharapkan mampu memiliki ketelitian dan keterampilan. 


Ø  Pelaksanaan

Setelah perencanan dilaksanakan selanjutnya kegiatan pelaksanaan dengan mengajak siswa ke lingkungan parker sekolah. Siswa disajikan problem/masalah yang sudah disepakati sebelumnya. Problemnya adalah melakukan pendataan dua digit terakhir dari nomor kendaraan bermotor. Siswa diberi kesempatan membagi kelompok secara heterogen untuk melakukan kegiatan pendataan.

 

Dokumentasi : Lingkungan Belajar yang Dipilih Peserta Didik          

 


Dokumentasi : Kegiatan Pendataan            





Dokumentasi : Kegiatan Pengolahan Data               


Dokumentasi: Presentasi             



 

3. Hasil Nyata

Peserta didik sangat antusias dalam pembelajaran. Peserta didik lebih senang dengan pembelajaran yang dilakukan di luar lingkungan kelas. Peserta didik tidak merasa bosan dalam pembelajaran. Pemanfaatan Lingkungan belajar yang ada disekolah membuat pembelajaran terasa bermakna dan sulit dilupakan oleh peserta didik.

4. Rencana Perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang

berdasarkan rangkaian kegiatan tersebut, penulis melakukan refleksi dan evaluasi. Penulis merencanakan perbaikan untuk pelaksanaan dimasa mendatang yaitu:

  • Melakukan inovasi pembelajaran yang lebih menarik dan dapat memunculkan kesenangan dalam belajar.
  • Memberikan kesempatan lebih banyak lagi bagi siswa untuk mengeksloprasi kegiatan lain yang menarik untuk dijadikan aktualisasi pembelajaran matematika.


Dokumentasi Video Lengkap: YOUTUBE


No comments:

Post a Comment