(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester : XI.IPA / 1
Standar Kompetensi : Menurunkan Rumus Trigonometri dan
penggunaanya.
Kompetensi Dasar : Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah
dua sudut, selisih
dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus
sudut tertentu.
Indikator : 1. Menggunakan rumus sinus jumlah dan
selisih dua sudut.
2. Menggunakan rumus kosinus jumlah dan
selisih dua sudut.
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran (1 kali pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat menurukan rumus sinus dan kosinus
jumlah dan selisih dua sudut serta dapat menggunakannya dalam menyelesaikan
permaslahan matematika.
B.
Materi Ajar :
Materi Pokok : Trigonometri
Sub Materi : Sudut Rangkap
C.
Metode Pembelajaran :
Ceramah, Tanyajawab, Diskusi kelompok.
D.
Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan Pertama : Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah
dua sudut, selisih
dua
sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus
sudut tertentu.
Materi Pembelajaran:
No
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
|
|
Apersepsi :
§ Mengecek kesiapan siswa sebelum memulai
pelajaran
§ Menyampaikan tujuan dari pembelajaran
§
Mengingat
kembali nilai-nilai dari Sin A, Cos A, dan Tan A
|
5’
|
|
·
Informasi tujuan
pembelajaran
|
2’
|
|
Motivasi : Ilmu ini dapat digunakan sebagai dasar untuk menyelesaikan persoalan
trigonometri khususnya dalam memudahkan pengerjaan tanpa menggunakan
kalkulator.
|
3’
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
|
|
Eksplorasi
|
||
·
Dalam kelompok kecil
(berpasangan dengan teman sebangku), siswa berdiskusi rumus sinus dan kosinus
jumlah dan selisih dua sudut.
|
5’
|
|
Elaborasi
|
||
· Dengan panduan LKS, siswa berdiskusi tentang rumus sinus dan kosinus
jumlah dan selisih dua sudut.
·
Siswa berdiskusi untuk
menyelesaikan latihan soal
dari LKS / buku sumber.
|
45’
|
|
Konfirmasi
|
||
· Beberapa orang
siswa diminta untuk menuliskan hasil pekerjaannya di papan tulis
·
Guru dan siswa membahas
soal yang dianggap sulit.
|
20’
|
|
3.
|
Penutup
|
10’
|
·
Siswa membuat ringkasan
tentang materi yang tadi diterangkan oleh guru.
|
||
Siswa diberikan soal latihan untuk PR
|
E. Alat
dan Sumber Belajar :
Buku teks dan LKS
F. Penilaian :
Teknik : Kuis, tes
Bentuk Instrumen : Uraian singkat
Contoh Instrumen :
Butir Soal
|
Kunci
|
·
Tentukan nilai Sin 75 tanpa menggunakan tabel matematika atau kalkulator!
·
Carilah tan 15 =...
|
Surakarta, 23 September
2012
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
Guru Matematika,
....................................
....................................
NIP.
NIP.
|
|
No comments:
Post a Comment